Monday 21 November 2016

Beberapa Perbedaan Gerakan Shalat Wanita Dibandingkan Pria

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Seorang wanita mengerjakan shalat sebagaimana yang dilakukan
oleh pria.” (HR. Bukhari secara muallaq dan disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dengan sanadnya dalam Al-Mushannaf)

Beberapa Perbedaan Gerakan Shalat Wanita Dibandingkan Pria


Ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang perbedaan gerakan shalat wanita dengan pria. Seadangkan sebagian lainnya menganggap gerakan shalat keduanya sama saja, tidak ada perbedaan berarti. Akan tetapi berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai perbedaan gerakan shalat wanita dan pria:

1. Ketika Ruku dan Sujud
Kaum Adam disunnahkan mengangkat dan merenggangkan siku tangannya sehingga jauh dari lambungnya, serta mengangkat perut dan merenggangkannya sehingga jauh dari kedua pahanya.
Sedangkan wanita disunnahkan menghimpit dan merapatkan siku tangan dengan lambungnya, menghimpitkan serta merapatkan perut dengan pahanya, dan menghimpitkan serta merapatkan antara dua lutut dan dua kakinya.

2. Membaca Keras Bacaan
Para pria disunnahkan mengeraskan suara sehingga dapat didengar oleh orang yang berada di dekatnya pada waktu dan tempat yang disunnahkan untuk mengeraskannya. Baik dia menunaikan shalat sendirian maupun ketika menjadi imam.

Sedangkan perempuan diperintahkan untuk mengecilkan suaranya sehingga tidak terdengar orang lain yang ada di dekatnya apabila saat ia shalat terdapat pria yang bukan mahramnya. Adapun apabila dia shalat sendiri atau bersamanya hanya pada perempuan atau terdapat laki-laki yang menjadi mahramnya, disunnahkan mengeraskan suara di tempat dan waktu yang sunnah.

3. Cara Mengingatkan Kesalahan Imam
Makmum pria menegur imam dengan membaca tasbih, sedangkan makmum wanita menegur imam dengan cara menepuk tangan.

Sumber : ummi-online.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Perbedaan Gerakan Shalat Wanita Dibandingkan Pria

0 komentar:

Post a Comment