Monday 23 May 2016

Subhanallah Ternyata, Sunnah Nabi Ini Jadi Budaya Perusahaan Besar Dunia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Sunnah Nabi adalah tindakan atau kebiasaan yang dahulu
dilakukan Rasulullah SAW. Umat terdahulu melaksanakannya sebagai bentuk ketaatan. Sementara saat ini, manusia sudah berupaya untuk mengungkap rahasia dibalik kebiasaan manusia yang jadi utusan Allah tersebut.

Subhanallah Ternyata, Sunnah Nabi Ini Jadi Budaya Perusahaan Besar Dunia


Kini, sudah banyak sunnah nabi yang terbukti secara ilmiah. Bahkan, perusahaan di beberapa negara sudah menjalankan salah satu sunnah Nabi berikut ini. Beberapa diantaranya bahkan mewajibkan karyawannya agar melaksanakan sunnah tersebut.

Namun, umumnya perusahaan besar ini tidak mengetahui jika yang dilakukan itu sebenarnya sunnah yang diajarkan Nabi. Mereka melaksanakannya karena penelitian ilmuan yang menyebutkan tentang khasiat medis dari kebiasaan tersebut. Lantas kebiasaan apa yang dimaksud?

Ternyata sunnah yang sudah dijalankan oleh banyaknya perusahaan besar dunia adalah tidur siang (qailulah). Awalnya tidur siang ditempat kerja seolah menjadi dosa besar yang harus dihindari. Namun kini, justru malah diterapkan karena dianggap memberikan manfaat luas biasa bagi perusahaan.

Bahkan menurut penelitian NASA, tidur siang selama 26 menit mampu  meningkatkan performa kerja sebanyak 34 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan karyawan yang tetap bekerja siang hari padahal dalam kondisi mengantuk.

Perusahaan di Jepang pada umumnya memperbolehkan karyawannya tidur 30 menit pada siang hari. Kebiasaan ini di Jepang disebut dengan ‘Inemuri’. Ini merupakan bentuk penghargaan kepada karyawan dan sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Selain Jepang, perusahaan di China rata-rata memberlakukan hal serupa. Manajemen perusahaan memastikan bahwa di kantor harus ada bantal dan kasur agar karyawannya bisa tidur siang. Kini semakin banyak perusahaan yang mulai menerapkan aturan tidur sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh. Tren ini pula yang mulai menyambangi pabrik-pabrik di China.

Perusahaan manajemen dashboard sosial media, Hootsuite juga melakukan tindakan yang sama. Seluruh kantor Hootsuite memiliki ruangan tidur siang bagi para karyawannya. Perusahaan ini menilai Kehebatan berinovasi tak akan muncul dengan mudah jika para karyawan justru kurang tidur.

Menurut seorang ilmuwan terkemuka, Sara C. Mednick, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik. Setidaknya tidur siang 30 menit dapat meningkatkan daya ingat Anda karena otak kembali fresh dan Meningkatkan Kreatifitas

Jika perusahaan-perusahaan dari berbagai negara tersebut baru mengungkapkan hasil peneliitan belum lama ini, maka Rasulullah SAW sudah menyampaikannya sejak 1400 tahun silam.

“Qailulah-lah (istirahat/tidur sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah tidur siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah : isnadnya shahih)

Nabi dalam hadist tersebut menjelaskan jika tidur siang dilaksanakan karena menjadi amalan yang tidak dilakukan setan. Jika manusia  melakukannya, maka akan mendapatkan berkash danpahala, Namun, pasti ada manfaat medis lainnya yang tidak bisa dijelaskan pada zaman itu dan baru bisa terungkap dan diterima dengan logis pada zaman kini.


Sumber : infoyunik.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Subhanallah Ternyata, Sunnah Nabi Ini Jadi Budaya Perusahaan Besar Dunia

0 komentar:

Post a Comment