Thursday 8 September 2016

Inilah 4 Cara Merayu Allah SWT Agar Doamu Dikabulkan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Maukah kamu diberi tahu bagaimana cara agar doa-doa yang kita minta
dikabulkan oleh-Nya ? Salah satunya dengan cara 'merayu' Allah SWT. Dimana hal ini merupakan salah satu bentuk usaha yang memang harus kita lakukan.

Inilah 4 Cara Merayu Allah SWT Agar Doamu Dikabulkan


Selayaknya seorang anak yang meminta sesuatu kepada orang tuanya,maka tentunya ia akan berupaya sebisa mungkin agar orang tuanya mengabulkan permintaanya tersebut. Maka demikian pula halnya dengan kita sebagai seorang hamba yang sudah sepatutnya melakukan usaha-usaha tertentu agar Allah SWT berkenan mengabulkan doa kita.

Dengan demikian, dalam merayu Allah SWT diperlukan kesungguh-sungguhan dari dalam diri kita sebagai seorang hamba. Pasalnya Allah Ta'ala sangat senang apabila hamba-Nya berdoa memohon sesuatu kepadanya. Meskipun sebenarnya Ia telah mengetahui keinginan hamba-Nya tersebut. Dan inilah 4 cara 'merayu' Allah SWT agar doa kita dikabulkan oleh-Nya.

1. Ikhlas
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk merayu Allah SWT adalah dengan merasa ikhlas. Sebagai seorang hamba, sudah seharusnya bila kita menyadari bahwa kita tidak pernah memiliki apapun. Bahkan diri sendiri adalah milik Allat dan kelak akan kembali kepada-nya.

Sehingga dengan menyadari dan mengingat hal tersebut, maka kita tidak akan pernah menjadi makhluk yang sombing, termasuk dalam berdoa memohon ampunan kepada-nya.

Dengan demikian, rasa ikhlas akan muncul seiring dengan kuatnya kesadaran bahwa, hanya Allah SWT lah yang berhak memutuskan segala sesuatunya.

2. Yakin bahwa doa akan diterima-Nya
Sebagai seorang muslim dianjurkan untuk selalu bersikap optimis, termasuk dalam hal berdoa. Terlebih lagi apabila doa yang kita pinta merupakan sesuatu hal baik atau yang membawa kebaikan.

selain itu, hal yang harus diingat selalu adalah Allah Maha Mendengar dan Maha Penyayang, sehingga tidak ada jarak antara manusia dan Allah SWT saat sedang berdoa. Sehingga, optimislah jika doamu baik dan tulus, maka Allah pasti ridho.

3. Kusyu'
Salah satu hal yang cukup sulit dalam beribadah dan berdoa adalah kusyu'. Sebab terkadang kita masih sulit menghadirkan hati saat menjalankan hal tersebut. Tidak sedikit diantara kita yang melakukan ibadah dan berdoa hanya sekedar penggugur kewajiban saja. Padahal Allah SWT Maha Mengetahui, karena tanpa berdoa pun Ia telah mengetahui maksud hati kita.

Namun Allah tetap menyuruh kita agar berdoa sebab dengan cara itulah seorang hamba bisa lebih dekat dan terus dekat dengan-Nya. Oleh sebab itu, hadirkanlah hati dan jiwa yang kusyu' seolah kita berada dekat sekali di hadapan Allah SWT saat berdoa dan beribadah.

4. Berdoa di waktu mustajab
Setelah ketiga hal diatas, maka rayuan terakhir yang bisa kita lakukan adalah berdoa di waktu-waktu yang mustajab. Misalnya diantara adzan dan iqamah, setelah shalat wajib, di sepertiga malam, waktu di hari jumat, dan lainnya.

Namun hal penting yang harus kita ingat adalah, segala sesuatu yang menjadi doa kita hendaknya adalah sebuah pengharapan baik yang bermanfaat untuk masa depan dan kebaikan umat Islam.

Demikianlah ulasan mengenai 4 cara "merayu" Allah SWT agar doa kita dikabulkan oleh-Nya. Manusia hanya bisa berencana, berusaha dan berdoa. Namun tetap Allah Ta'ala jua yang memberikan hasilnya. Sehingga apabila kita berusaha dengan sungguh-sungguh, semoga Allah SWT pun berkenan. Semoga bermanfaat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 4 Cara Merayu Allah SWT Agar Doamu Dikabulkan

1 komentar: