Thursday 17 November 2016

10 Surat Dalam Al-Qur’an yang Bagus Diamalkan Sehari-hari

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Setiap surat memiliki maksud dan kandungannya masing-masing.
Semua surat di dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan dan manfaatnya. Namun, ada 10 surat yang bagus untuk dijadikan amalan sehari-hari. Untuk itu, simaklah ulasan dari 10 surat berikut ini.

10 Surat Dalam Al-Qur’an yang Bagus Diamalkan Sehari-hari


Meskipun semua surat di dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan masing-masing, tapi ada 10 surat yang mempunyai kelebihan daripada surat lainnya. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang memerintahkan umat manusia untuk membacanya setiap hari atau pada waktu tertentu.

Inilah 10 surat dalam Al-Qur’an yang bagus diamalkan :

1. Surat Al-Fatihah
Surat ini dikenal sebagai surat pembuk dan bisa kita baca sebelum tidur dan setelah itu surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali, Al-Falaq dan An-Nas. Amalan ini dapat membuat hati tentram dan terhindar dari godaan setan. Dianjurkan juga membacanya Al-Fatihah sebanyak 17 kali dai dalam shalat, dan 44 kali untuk mengobati sakit gigi, perut, skait mata, dan lain sebagainya atas izin Allah Ta’ala.

2. Surah Dhuhan
Surat ini terkenal untuk dibacakan saat mendirikan shalat dhuha. Apabila kita membaca surat ini sekali di makam Jumat maka Allah akan menyelamatkan kita dari hura-hura di padang Mahsyar kelak. Inilah surah yang bagus dibaca setiap hari.

3. Surah Yaasin
Sebuah hadits menjelaskan jika kita membacasurat ini maka Allah akan memberikan pahala yang sama dengan sepuluh kali membaca Al-Qur’an semuanya. Riwayat lain menuliskan bahwa jika kita membaca surat Yasin pada malam hari dengan niat mengharap ridho dari Allah, maka Dia akan mengampuni dosa-dosa kita dan terselamatkan dari kehausan di hari akhir kelak.

4. Surah Al-Waqi’ah
Beberapa hadits Rasulullah menyatakan jika kita membaca surat ini di setiap malam maka InsyaAllah kita tidak akan merasakan kemiskinan dan justru memperoleh kesenangan. Sedangkan, jika mereka membacanya sebanyak 14 maka insyaAllah karunia rezeki akan datang lebih banyak. Kita juga bisa mengamalkan ayat 35-38 sebanyak 7 kali dan ditiupkan pada air putih dengan membaca surat Al-Fatihah dan Ayatul Qursi sebelumnya. Manfaatnya adalah dapat menjaga kecantikan diri dan kesenangan rumah tangga.

5. Surah Al-Mulk
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengamalkan surat ini, yakni mendapatkan syafaat, selamat dari alam kubur, dan terhapus dosa-dosa kita. Inilah salah satu surat Al-Qur’an untuk menenangkan hati.

6. Surah Al-Khautsar
Barang siapa yang membaca ayat ini sebanyak 1000 kali, InsyaAllah hajat kita akan terkabulkan, termasuk kenaikan pangkat dan rezeki. Sedangkan, jika kita membacanya setelah shalat isya hingga akan tidur maka InsyaAllah bisa melihat Rasulullah di dalam tidur.

7. Surah Al-Kafirun
Manfaat dengan membaca surat ini adalah mendapatkan pahala seperti membaca seperempat Al-Qur’an, terjauh dari godaan setan, terlepas dari syirik dan terlepas dari peristiwa yang mengejutkan.

8. Surah Al-Ikhlas
Rasulullah pernah bersabda, jika sebelum tidur kita membaca surat ini sebanyak 3 kali maka pahalanya setara dengan khatam Al-Qur’an. Inilah surah untuk menenangkan hati dan pikiran.

9. Surah An-Nas
Mengamalkan surat ini dapat melindungi diri kita dari godaan setan dan bisa menjadi penerang hati.

10. Surah Al-Falaq
Dalam sebuah riwayat menjelaskan bahwa setiap malam sebelum tidur Rasulullah membaca surat ini dengan surat Al-Ikhlas dan An-Nas kemudian meniupkannya ke kedua telapak tangan dan dioleskan ke kepala dan seluruh tubuh agar terhindar dari penyakit karena setan ataupun manusia.

Demikian 10 surat dalam Al-Qur’an yang bagus diamalkan sehari-hari dalam hidup kita sebagai umat muslim.

Sumber : kumpulanmisteri.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Surat Dalam Al-Qur’an yang Bagus Diamalkan Sehari-hari

0 komentar:

Post a Comment