Wednesday, 9 November 2016

Inilah 4 tipe Keluarga Menurut Al Qur'an

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Dalam memberikan ucapan kepada teman yang baru saja menikah,
kadang mereka memberikan ucapan, "Semoga bahagia sampai kakek-nenek, semoga bahagia seperti putri dan pangeran.", dan ucapan ucapan bathil lainnya. Memang dalam kehidupan berkeluarga, seseorang tentu saja menginginkan agar senantiasa bersama-sama dengan pasangannya, baik ketika hidup di dunia maupun berikutnya di kehidupan setelah mati.

Inilah 4 tipe Keluarga Menurut Al Qur'an


Semua Keluarga yang akan ditampilkan berikut adalah keluarga yang mana ketika di dunia mereka bersama, sampai ajal memisahkan mereka. Bahkan ada yang sama-sama di akhirat, namun berada di neraka, siapakah mereka itu, mari kita simak

Keluarga seperti apa yang kita inginkan?
Al Qur'an Al Karim telah memberikan contohnya.

1. Keluarga Nabi Luth dan Nuh.
Keluarga Nabi Luth dan keluarga Nabi Nuh adalah contoh keluarga yang pertama akan dipaparkan, seperti apa keluarga ini. Ya, Suami adalah orang yang Sholeh luar biasa, seorang nabi, pembawa risalah, dakwah tentu saja menjadi kewajiban suami. Tetapi keduanya memiliki istri yang luar biasa buruk perangainya. Jangankan mendukung, bahkan keduanya enggan mengikuti dakwah suami. Keduanya berkhianat kepada suaminya. Keduanya berpisah di dunia.? tentu tidak keduanya bersama sampai ajal menjemput. Biarpun keduanya bersama di dunia, tetapi mereka berpisah di akhirat. Sang suami berada di Surga, sang istri berada di neraka.

2. Keluarga Asiyah Istri Fir'aun
Untuk keluarga tipe ini, adalah keluarga yang bisa jadi menjadi keluarga idaman untuk saat ini. Bagaimana tidak, sang suami adalah orang paling kaya, paling berkuasa, kerajaannya besar, punya pasukan berlimpah, terkenal pula. artis korea lewatlah..., tapi apa yang terjadi, bahagiakah Asiyah? tidak, bahkan dia berdo'a kepada Allah untuk membuatkan rumah di Surga. Mungkin sekilas kita melihat bahwa istri akan terbahagiakan ketika seorang laki-laki adalah orang yang mampu secara finansial. Pertanyaannya sekarang, Kamu sama Fir'aun kaya siapa.? hahhh? terkenal siapa.?

Kita, para lelaki tidak ada apa-apanya kalau dalam masalah dunia sama fir'aun. percaya deh., bagi istri sholehah seperti Asiyah, bukan harta atau tahta yang ia mau. tapi lebih ke kesholihan sang suami yang akan menemaninya di surga kelak. Kemudian, Apa mereka terpisah di dunia? tentu tidak, keduanya bersama-sama hidup di dunia, tetapi berpisah di akhirat, sang suami berada di neraka, sang istri yang sholihah berada di surga.

3. Keluarga Abu Lahab
Kalau untuk kecocokan, mungkin keluarga ini adalah keluarga yang cukup cocok. Juga sang istri menjadi pendukung suami dalam setiap kegiatannya. Bagaimana? Ideal bukan, romantis bukan? tapi tunggu dulu, kecocokan yang terjadi pada kelurga ini hanya kecocokan dalam memusuhi nabi, menghambat setiap usaha dakwah Beliau padahal mereka bertetangga dengan Nabi Shollallahu 'alaihi wa Sallam. Di dunia mereka hidup bersama, di akhiratpun hidup bersama, romantis kah? ya silahkan menilai, tapi mereka sama-sama di neraka. Sudah baca terkait adab bertentangga kan? nah, silahkan baca kalau belum.

4. Keluarga Nabi Ibrahim
Inilah keluarga ideal, mereka hidup bersama di dunia meskipun harus LDR untuk beberapa waktu. Mungkin bisa jadi ketika seseorang sedang atau akan menjalani LDR, maka berguru dengan Nabi Ibrahim adalah menjadi solusi terbaik. Wallahu A'lam. juga di akhirat, mereka bersama-sama di akhirat. inilah keluarga yang diberkahi Allah, sang suami sholeh luar biasa, istri juga menjadi pendukung dakwah suami yang bahkan ketika tidak bersama suami, sang istri mampu mendidik anak yang juga sholeh sekali, yakni Ismail.

Selain itu, keempat kondisi itu juga bisa menjadi bahan muhasabah untuk kita, misal sebagai istri kok suaminya nakal luar biasa, maka bandingkanlah dengan fir'aun, apakah dia sudah senakal fir'aun, kalau belum maka bersabarlah seperti sabarnya Asiyah. begitupun dengan ketiga kondisi lainnya.

Sumber : nikahmudanikah.blogspot.co.id

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 4 tipe Keluarga Menurut Al Qur'an

1 komentar: