Wednesday 13 January 2016

Inikah Amalan Ringan yang Lebih Utama dari Puasa, Shalat, dan Sedekah?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Salah satu sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mulia, Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu, bertanya retoris kepada sahabat-sahabatnya, “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang suatu amalan yang lebih utama dari memberikan sedekah dan menjalankan puasa?”
Baca Juga : Ukhty, Inilah Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Istri
Inikah Amalan Ringan yang Lebih Utama dari Puasa, Shalat, dan Sedekah?


Jika dahulu para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sangat antusias mendapati pertanyaan senada ini, bagaimana dengan kita yang hidup di zaman akhir ini? Adakah di antara kita yang sekadar ingin tahu jika tak kuasa masuk dalam kelompok yang antusias untuk mengamalkan?

Bukankah memberikan sedekah merupakan amalan mulia dan menjadi sifat terpuji dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Bukankah sedekah diganjari balasan 700 kali lipat? Bukankah sedekah yang ikhlas, meski hanya separuh kurma, ianya bisa menjadi penghalang seorang hamba dari neraka? Bukankah sedekah dijamin oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagai amalan yang bisa mencegah pelakunya dari mendapatkan bahaya? Bukankah terjamin dan terbukti bahwa sedekah pun bisa menjadi sarana kesembuhan atas penyakit yang diderita oleh seorang hamba?

Belum lagi keutamaan puasa, baik wajib maupun sunnah. Puasa disebut setengah kesabaran. Ianya bisa memberi syafaat bagi pelakunya di Hari Kiamat. Ianya penghalang dari dosa, maksiat, dan siksa neraka. Puasa juga dijamin sebagai salah satu sarana utama bagi mereka yang mendamba kesehatan fisik dan ruhani.

Lantas, amalan macam apa yang disebut sebagai lebih utama dari puasa dan sedekah?

“Yaitu,” lanjut Abu Darda, “mendamaikan di antara yang tengah berselisih. Sebab kebencian merupakan penghalang dari mendapatkan pahala.”

Kalam agung sahabat Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu ini mengutip sebuah hadits riwayat Imam al-Bukhari dalam kitab Adab al-Mufrad. Dalam riwayat lain oleh Imam at-Tirmidzi yang di-hasan shahih-kan oleh Imam Abu Isya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Maukah aku beritahukan kepada kalian suatu amalan yang lebih utama dari derajat orang yang berpuasa, shalat, dan sedekah?”

“Tentu, wahai Rasulullah,” jawab para sahabat.

Kata Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “(Ialah) mendamaikan seseorang yang berselisih. Karena sesungguhnya, kerusakan dari perselisihan adalah terhalanginya seseorang dari mendapatkan pahala.”

Menjelaskan makna hadits yang mulia ini, Dr Muhammad ‘Ali Hasyimi menjelaskan alasannya, “(Karena) kebencian dapat menghapus segala amal perbuatan, dijauhkannya pahala, dan mampu melenyapkan kebaikan-kebaikan.”
Baca Juga : 10 Amalan Agar Rezeki Selalu Melekat

Demikian inilah sebuah hakikat agung yang hendaknya kita amalkan sesuai kemampuan terbaik.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inikah Amalan Ringan yang Lebih Utama dari Puasa, Shalat, dan Sedekah?

0 komentar:

Post a Comment